Kamis, 23 Februari 2012

Jean-George Noverre

Jean-George Noverre yang lahir pada 29 April 1727 dan meninggal pada 19 Oktober 1810.  Noverre lahir di Paris dari ibu bernama Marie Anne de la Grange dan ayah seorang tentara Swiss bernama Jean Louys. Sebenarnya orangtuanya menginginkan Noverre mengikuti jejak ayahnya berkarier di militer. Tetapi lelaki muda ini justru memilih seni tari sebagai profesinya.
     Ia berlatih keras bersama penari terkenal saat itu Louis Dupre dan M. Marcel. Penampilan pertamanya terjadi saat manggung bersama Opera-Commique di Paris pada 8 Juni 1743. Setelah itu ia banyak menari di istana kerajaan Jerman di hadapan pangeran Frederick II dan saudaranya Pangeran Henry dari Kerajaan Prussia. Setelah beberapa tahun di Jerman, Noverre memilih kembali ke Perancis dan bergabung lagi dengan Opera-Commique dan berkarier dari panggung ke panggung.
      Bersama kelompok opera inilah karier baletnya menanjak. Pada tahun 1747 ia bahkan sudah menjadi master tari balet di Marseilles. Saat itu ia menciptakan satu tari baletnya yang legendaris yaitu Les Fetes Chinoises yang eksotis. Setiap memanggungkan tarian ini, ia selalu mendapat sambutan yang luar biasa.
        Setelah itu ia membuat karya-karya fenomenal lainnya. Sampai akhir hayatnya Noverre menghasilkan puluhan karya tarinya yang legendaris.
 
Potret diri Jean-George Noverre

     Noverre dikenal pula sebagai pribadi anti kemapanan dan kontroversial. Tak jarang ia melanggar pakem tari balet yang sudah lama dipegang secara tradisional. Ia bahkan menggabungkan tari balet dan pantomim yang kontroversial. Namun Noverre punya pendapat sendiri tentang hal ini. Balet, katanya, adalah tarian yang dapat mengaduk emosi penonton dengan menggunakan gerakan-gerakan ekspresif, berkarakter, dan dramatis tanpa harus ditekankan dengan verbal lewat suara atau nyanyian.
      Di lain kali, ia menggegerkan karena mengubah tradisi pakaian balet. Dalam karyanya berjudul Les Caprices de Galathée, ia memakaikan penari baletnya dengan kulit harimau dan sepatu dari kulit kayu. Sikapnya ini yang membuat Noverre masuk ke dalam salah satu tokoh pencerahan Perancis. Dengan peran besarnya pada perkembangan tari itulah, tokoh-tokoh tari dunia menempatkan hari kelahirannya sebagai Hari Tari Internasional yang dirayakan seluruh dunia setiap tanggal 29 April.
 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar