Rabu, 22 Februari 2012

JOSE LIMON

     



    Jose Arcadio Limón lahir 12 Januari 1908 di Culiacan, Meksiko, sulung dari dua belas anak-anak.
Pada tahun 1915, keluarganya pindah ke Amerika Serikat, menetap di Los Angeles, California. Setelah lulus dari Sekolah Menengah Lincoln, Limón menghadiri UCLA sebagai seni utama. Dia pindah ke kota New York pada tahun 1928 untuk belajar di School New York Desain. Tidak sampai tahun berikutnya, bagaimanapun, bahwa ia akan menyadari panggilan sejati. Pada tahun 1929, setelah menghadiri salah satu Harold Kreutzberg dan pertunjukan Yvonne Gerogi, dia menjadi terinspirasi untuk menari. Dalam memoarnya, ia akan mengingat pertunjukan pertama yang pernah ia lihat:

    
"Tiba-tiba, ke panggung, ditanggung pada dorongan dari rhapsody heroik, dibatasi makhluk tak terlukiskan dan rekannya segera dan. Tidak dapat ditarik kembali, saya berubah. Saya tahu dengan tiba-tiba mengejutkan bahwa sampai saat itu aku tidak pernah hidup atau, bukan, bahwa saya belum pernah belum lahir ... sekarang saya tidak ingin tetap di bumi ini kecuali saya belajar untuk melakukan apa yang orang ini lakukan "[1].
Limón terdaftar dalam Humphrey-Weidman sekolah pada tahun 1929 dan, setahun kemudian, dilakukan di Broadway. Kemudian pada tahun 1930, Limón menciptakan tari pertamanya, Etude dalam D Minor, yang berduet dengan Letitia Ide. Selain pasangan duet nya, Letitia Ide, Limón direkrut sekolah Eleanor King dan Ernestine Stodelle untuk membentuk "Kelompok Kecil". Dari tahun 1932 sampai 1933, Limón membuat dua penampilan lebih broadway di Americana pertunjukan tari-tarian musik dan Irving Berlin Sebagai Cheer Ribuan, koreografer oleh Charles Weidman. Limón juga mencoba tangannya di koreografi tahun ini, koreografi Roberta, oleh Jerome Kern, di Broadway New Amsterdam Theatre. Jose Limón membuat penampilan lebih beberapa sepanjang beberapa tahun berikutnya dalam acara seperti Tari Baru Humphrey, Teater Piece, Dengan Kebakaran Merah, dan Quest Weidman itu. Pada tahun 1937, ia terpilih sebagai salah satu Fellows Bennington pertama. Pada Festival Bennington College Mill pada tahun 1939, Limón menciptakan karya pertama koreografi nya besar, berjudul Danzas Mexicanas. Setelah lima tahun, namun, Limón akan kembali ke Broadway untuk membintangi sebagai penari ditampilkan dalam Jauhkan Off Rumput di bawah koreografer George Balanchine.
Pada tahun 1941, Limón meninggalkan perusahaan Humphrey-Weidman untuk bekerja dengan Mei O'Donnell. Potongan pertama mereka bersama-sama berjudul "Lyrics Perang". O'Donnell dan Limón juga co-koreografer Tirai Riser, Story Ini adalah Legenda dan Tiga Persediaan pada Casey Jones. Selama ini, Limón bertemu Pauline Lawrence, yang ia kemudian akan menikah pada tanggal 3 Oktober 1942. Kemitraan dengan O'Donnell dibubarkan pada tahun berikutnya dan Limón dibuat Chaconne untuk program di Humphrey-Weidman.
Pada tahun 1943, yang Limón membuat penampilan terakhirnya di Broadway dengan Rosalinda Balanchine itu, sepotong ia dilakukan dengan Mary Ellen Moylan. Ia menghabiskan sisa tahun itu menciptakan tarian pada tema Amerika dan rakyat di Teater Studio sebelum direkrut menjadi Angkatan Darat pada bulan April 1943. Selama ini, ia bekerja sama dengan komposer Frank Loesser dan Alex Utara, beberapa karya koreografi untuk Layanan US Army Khusus. Yang paling terkenal di antaranya adalah Concerto Grosso.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar